RESUME 2
PENDIDIKAN PRA SEKOLAH
Adalah
pendidikan usia dini dari lahir sampai masuk sekolah termasuk PAUD yaitu pada usia 3-6 tahun pada masa early childhood
.
Hal ini
sesuai dengan hak anak, sebagaimana diatur dalam UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Salah satu dari hak
ini adalah bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan danpengajaran dalam
rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dngan minat dan
bakatnya.
Pendidikan
anak usia dini dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan
dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir
sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang
diselenggarakan pada jalur formal, nonformal daninformal.
Pendidikan
anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang
menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik
(koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta,
kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku
serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap
perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini
dalam
PAUD sendiri dibagi menjadi PAUD formal yaitu TamanKanak-Kanak
(TK) dan Raudhatul Atfal (RA); dan PAUD non-formal yang terdiri dari
Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA)
Tujuan umum didirikannya PAUD
Mengembangkan
berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan mampu
menyesuaikan diri dengan lingkungannya di masa depan, termasuk siap memasuki
pendidikan dasar
.Tujuan khusus didirikannya PAUD.
1.Mampu
merangsang perkembangan fisiknya, antara
lain: menggunakan keterampilan gerak tubuh, melakukan ibadah, mengenal dan
percaya kepada Tuhan YME dan mencintai sesama.
2.Mampu
merangsang perkembangan moral, antara lain: menggunakan bahasa untuk pemahaman
bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat dalam
proses berpikir dan belajar.
3.Mampu
merangsang perkembangan kognitif, antara lain: berpikir logis, kritis, kreatif
mengenal lingkungan alam, sosial, memberi alasan, berperan di masyarakat dan
menghargai keragaman sosial budaya
4.Mampu
merangsang perkembangan sosial anak, antara lain: peka terhadap irama, nada,
birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya yang kreatif.
5.Penigkatan
kualitas kesehatan status gizi anak, melalui kegiatan PMT dan peningkatan
pengetahuan dan pemahaman orang tua tentang tumbuh kembang anak
Tugas PAUD yaitu target dan cara yang harus dipersiapkan guru untuk anak murid
yaitu seperti
Ø Moral dan nalr nalar agama
Ø Sosial dan emosional
Ø Kognitif
Ø Bahasa
Ø Fisik / motorik
Ø Kemandirian dan seni
Ø Segala sesuatunya untuk siap memasuki sekolah
dasar
Manfaat PAUD bagi anak pra sekolah
Manfaat
PAUD bagi anak pra sekolah adalah mereka yang belum berumur 6 tahun bisa
bersekolah melalui PAUD ini, karena didalam PAUD itu sendiri bukan hanya
pendidikan formal yang diajarkan melainkan pendidikan non formal.Pada dasarnya
mengarahkan pendidikan kepada anak sebelum umur 6 tahun itu lebih baik, karena
anak bisa merasakan kegiatan bersekolah meskipun belum mencapai umur. Misalkan,
mereka bisa bermain dengan teman sebayanya dan pendidik pun akan mengarahkan ke
arah permainan yang bermanfaat bagi si anak.
Jadi,
manfaat PAUD bagi anak pra sekolah, mereka bisa merasakan sekolah sebelum
memasuki sekolah yang sebenarnya dan mempunyai bekal pendidikan yang telah di
ajarkan di PAUD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar