RESUME 1
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SELAYANG PANDANG
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi
yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam
lingkungan pendidikan
Latar Belakang Historis
Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh bebrapa
perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada tiga perintis
terkemuka :
1.
William
James
tak
lama setelah meluncurkan bukunya yang pertama ,(Principle of psychology)
(1890), William James (1842-1910) memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk
“Talks to Teachers”. Salah satu rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik
sedikit lebih tinggi diatas pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan untuk
memperluas cakrawala.
2.
John
Dewey
Tokoh
kedua yang berperan besar dalam memmbentuk psikologi pendidikan .Dia menjadi
penggerak untuk mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis .Dari Dewey kita
mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara
keselurhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan
lingkungan.Dewey adalah salahseorang psikolog yang mendukung pendidikan layak
bagi semua anak lelaki maupun perempuandari semua lapisan sosial ekonomi dan
etnis.
3.
E.L.Thorndike
Perintis
ketiga adalah thorndike yang member banyak perhatian pad penilaian dan
pengukuran dan perbaikan dasar dasar belajar secara imiah.
CARA
MENGAJAR YANG EFEKTIF
Hal
ini mebutuhkan dua hal yaitu sebagai berikut.
1. Pengetahuan dan
keahlian professional : Guru yang efektif
memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan
tujuan rancangan dan menejemen kelas.Mereka tahu bagaimana
memotivasi,berkomunikas,dan berhubungan secara efektif dari beragam latar
belakan cultural.
2. Komitmen dan Motivasi
: aspek ini mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid
RISET DALAM PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Riset
bisa menjadi sumber berharga bagi kita untuk memahami strategi mengajar.
Mengapa Riset itu
penting ?
Supaya
tidak menafsirkan informasi hanya berdasrkan pengalaman personal,dan tidak juga
sepenuhnya objektif karena kita terkadang membuat penilaian yang dipengaruhi
oleh ego dan harga diri kita.
Pendekatan Riset Ilmiah
Riset ilmiah
adalah riset objektif,sitematis, dan dapat diuji, riset ilmiah mereduksi
kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada keyakinan ,opini,dan perasaa
personal. Pendekatan ilmiah terdiri dari beberapa langkah : merumuskan
masalah,mengumpulkan data,menarik kesimpulan,serta merevisi kesimpulan dan
teori riset.
Metode
riset
Ada
tiga metode dasar yang dipakai untuk mengumpulkan informai dalampsikologi
pendidikan yaitu,deskriptif ,korelasional, dan eksperimental
Riset Evaluasi
Program,Riset Aksi, dan Guru sebagai Periset
Riset evaluasi program.
Ini adalah riset yag di desain untuk membuat keputusantentang efektifitas suatu
program.
Riset aksi.
Riset yang dipakai untuk memecahkan problem sekolah atau kelas tertentu,
meingkatkan pengajaran dan strategi pendidikan lainnya atau untuk membuat
keputusan di level tertentu.
Guru Sebagai Periset.konsep
yang menyatakan bahwa guru kelas dapat melakukan riset sendiri untuk
meningkatkan mutu praktik pengajaran mereka.
Tantangan Riset
Riset
di bidang psikologi menghadapi sejumlah tantangan yaitu soal efek dari riset
terhadap patisipan dan bagaimana memahami secara lebih baik informasi yang
berasal dari studi studi riset .tantangan tantanganya meliputi etika,gender,etnis dan kultur.
Menjadi Konsumen Yag
Bijak Tentang Psikologi Pendidikan
1. Berhati-hatilah
terhadap apa yang dilaporka media popular
2. Ketahuilah
cara untuk menghindri dari membuat kesimpulan tentang kebuthan individu
berdasrkan riset kelompok
3. Kenalilah
betapa gampangnya membuat generelisasi yang berlebihan untuk sampel yang kecil
atau sampel klinis.
4. Berhati-hatilah
karena satu studi tunggal tidak menghasilkan final.
5. Ingat
bahwa kesimpulan sebab akibat tak bisa diambil dari studi korelasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar