Selasa, 28 Maret 2017

RESUME 1 : PSIKOLOGI PENDIDIKAN SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN



RESUME 1
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI  PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan
Latar Belakang Historis
Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh bebrapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada tiga perintis terkemuka  :
1.      William James
tak lama setelah meluncurkan bukunya yang pertama ,(Principle of psychology) (1890), William James (1842-1910) memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk “Talks to Teachers”. Salah satu rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik sedikit lebih tinggi diatas pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala.
2.      John Dewey
Tokoh kedua yang berperan besar dalam memmbentuk psikologi pendidikan .Dia menjadi penggerak untuk mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis .Dari Dewey kita mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keselurhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan.Dewey adalah salahseorang psikolog yang mendukung pendidikan layak bagi semua anak lelaki maupun perempuandari semua lapisan sosial ekonomi dan etnis.
3.      E.L.Thorndike
Perintis ketiga adalah thorndike yang member banyak perhatian pad penilaian dan pengukuran dan perbaikan dasar dasar belajar secara imiah.
 CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Hal ini mebutuhkan dua hal yaitu sebagai berikut.
1.      Pengetahuan dan keahlian professional : Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan rancangan dan menejemen kelas.Mereka tahu bagaimana memotivasi,berkomunikas,dan berhubungan secara efektif dari beragam latar belakan cultural.
2.      Komitmen dan Motivasi : aspek ini mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid
RISET DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Riset bisa menjadi sumber berharga bagi kita untuk memahami strategi mengajar.
Mengapa Riset itu penting ?
Supaya tidak menafsirkan informasi hanya berdasrkan pengalaman personal,dan tidak juga sepenuhnya objektif karena kita terkadang membuat penilaian yang dipengaruhi oleh ego dan harga diri kita.
Pendekatan Riset Ilmiah
Riset ilmiah adalah riset objektif,sitematis, dan dapat diuji, riset ilmiah mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada keyakinan ,opini,dan perasaa personal. Pendekatan ilmiah terdiri dari beberapa langkah : merumuskan masalah,mengumpulkan data,menarik kesimpulan,serta merevisi kesimpulan dan teori riset.
Metode riset
Ada tiga metode dasar yang dipakai untuk mengumpulkan informai dalampsikologi pendidikan yaitu,deskriptif ,korelasional, dan eksperimental
Riset Evaluasi Program,Riset Aksi, dan Guru sebagai Periset
Riset evaluasi program. Ini adalah riset yag di desain untuk membuat keputusantentang efektifitas suatu program.
Riset aksi. Riset yang dipakai untuk memecahkan problem sekolah atau kelas tertentu, meingkatkan pengajaran dan strategi pendidikan lainnya atau untuk membuat keputusan di level tertentu.
Guru Sebagai Periset.konsep yang menyatakan bahwa guru kelas dapat melakukan riset sendiri untuk meningkatkan mutu praktik pengajaran mereka.
Tantangan Riset
Riset di bidang psikologi menghadapi sejumlah tantangan yaitu soal efek dari riset terhadap patisipan dan bagaimana memahami secara lebih baik informasi yang berasal dari studi studi riset .tantangan tantanganya meliputi etika,gender,etnis dan kultur.
Menjadi Konsumen Yag Bijak Tentang Psikologi Pendidikan
1.      Berhati-hatilah terhadap apa yang dilaporka media popular
2.      Ketahuilah cara untuk menghindri dari membuat kesimpulan tentang kebuthan individu berdasrkan riset kelompok
3.      Kenalilah betapa gampangnya membuat generelisasi yang berlebihan untuk sampel yang kecil atau sampel klinis.
4.      Berhati-hatilah karena satu studi tunggal tidak menghasilkan final.
5.      Ingat bahwa kesimpulan sebab akibat tak bisa diambil dari studi korelasional.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar